TIPS Fisioterapi pada patah tulang Tangan dan Kaki

Apa itu Patah Tulang?

Patah tulang dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa yang seharusnya anda lakukan ketika anda, keluarga anda, atau saudara anda ada yang sedang atau baru saja patah tulang.

 

Yang akan saya bahas kali ini adalah patah tulang pada tangan atau kaki, untuk area tulang belakang akan saya bahas pada pembahasan berikutnya. Karena saya seorang fisioterapis maka saya akan membahas dalam sudut pandang fisioterapi untuk masyarakat awam. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, bila saya bisa jawab akan saya jawab.

 

2 Jenis Patah Tulang

Patah tulang dibagi menjadi 2, patah tulang terbuka, dan patah tulang tertutup. Patah tulang terbuka artinya, tulang menonjol keluar merobek kulit dan daging. Biasanya pasien akan langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Dan proses operasi penyambungan tulang dilakukan.

 

Patah tulang tertutup, artinya apa. yaitu patah tulang di dalam yang tidak menyebabkan kulit terobek. Sehingga patah tulang tidak terlihat, bisa di lihat dengan foto ronsen. Atau bisa juga di raba. Kebanyakan masyarakat awam membawanya ke sangkal putung, disana akan di pasang spalak dan tulang akan menyambung dengan sendirinya. Klo dibawa di Rumah Sakit akan di posisikan pada posisinya, dan di gips, atau di bedah dan dipasang plate/ besi untuk penyambungan.

 

Klo dibawa ke sangkal putung apa bisa nyambung?, klo pengembalian posisinya bagus, akan nyambung, klo pengembalian posisi kurang bagus fungsi tangan atau kakinya akan kurang maksimal setelah menyambung.

 

Klo Saran dari kami bawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Fisioterapi pada patah Tulang

Apa yang bisa fisioterapi berikan pada pasien patah tulang?

 

Banyak hal yang bisa fisioterapi berikan untuk kasus patah tulang. Setelah pasien mendapatkan reposisi/penyambungan tulang. Pada tahap awal fisioterapi akan memberikan tindakan berupa pencegahan kekakuan sendi, mengurangi nyeri, mengajarkan kepada pasien apa yang harus dilakukan, gerakan bagaimana yang aman dan harus dilakukan.

 

Pada pasien yang sudah terlanjur sendinya kaku dan terbatas, fisioterapi akan melatih, agar gerakan anda bisa normal kembali, tidak kaku dan terbatas, tidak cacat. Jika harus menggunakan alat bantu jalan, fisioterapis akan memilihkan alat bantu jalan yang pas, dan cara menggunakan secara benar.

 

Oleh karena itu, jika anda atau keluarga anda ada yang patah tulang, sangat kami anjurkan untuk mendapatkan penanganan fisioterapi untuk mencegah kecacatan dan komplikasi setelah patah tulang.

 

Kunjugi Fisioterapis terdekat di Kota anda. Semoga bermanfaat. Wassalam..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*